Senin, 01 April 2013

Tips Buat Yang Mau Beli Velg Mobil

MobilkuRental – Nah jumpa lagi dengan tips dari Mobilku Rental tentang bagaimana cara membeli velg mobil anda, dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Sebagai contoh, ne saya berikan. Coba kita ibaratkan sebuah velg itu seperti sepatu yang gunanya sebagai alat pijak. Tentu disini yang perlu kita perhatikan adalah ukurannya. Kenapa ukurannya? Pasalnya, jika ukuran tidak tepat maka akan besar kemungkinan bisa mengganggu kenyamanan pada saat mobil anda berjalan. Maka saya sarankan anda untuk memilih velg standar saja sesuai dengan jenis mobil anda.

Disini saya beri 3 aspek penting yang harus kita simak baik-baik ketika ingin membeli velg.

Pertama, perhatikanlah spesifikasi velg. Setiap velg punya ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berbeda-beda. Ukuran PCD velg ditetapkan dari jarak antara lubang baut satu dengan yang lainnya. Ukuran PCD dapat dilihat pada spesifikasi yang tertera di velg misalnya pada velg tertulis 4×100 berarti velg terdiri dari 4 hole dengan PCD 100 mm.

Anda juga harus perhatikan ukuran diameter dan lebar velg yang ingin anda beli. Kanena, setiap mobil memiliki ukuran velg maksimal. Sebaiknya jangan memakai velg yang lebih besar dari ukuran awal ketika membeli mobil.

Yang kedua, perhatikanlah material velg. Biasanya velg punya material yang bermacam-macam jenisnya. Misalnya jenis logam ringan atau biasa disebut billet steel, forged alloy atau magnesium. Velg dari bahan itu tentu memiliki berat yang lebih ringan jika dibanding dengan velg standar yang terbuat dari baja.

Saya tekankan, jika anda memakai velg yang lebih ringan, anda juga harus mengurangi beban mobil anda.

Yang terakhir yang perlu diperhatiakan adalah model dari velg itu sendiri. Ini menjadi yang sangat penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli velg. Pasalnya, model bisa gaya daripada mobil anda. 

Maka, sesuaikanlah dengan selera yang anda mau, tapi ada syaratnya, apa itu? Syaratnya adalah dengan memperhatikan juga 2 hal diatas. Bila perlu tanyakan langsung mana yang lebih bagus untuk mobil anda kepada ahlinya.  Sekian dulu ya tips dari Mobilku Rental. Semoga dapat membantu anda yang ingin mengganti Velg. Tunggu tips dari kami berikutnya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar: