Selasa, 26 Maret 2013

Apa Sih Bedanya Mobil Bensin dan Solar?

MobilkuRental – Para pembaca terhormat tahu tidak apa perbedaan antara mobil yang menggunakan bahan bakar bensin dengan mobil yang menggunakan bahan bakar solar? Kalau anda belum tahu apa perbedaannya, simaklah keterangan dibawah ini.

Jika anda  bingun untuk menentukan pilihan atara mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar atau bensin, anda tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan solusinya buat anda.

Ada baiknya sebelum anda menentukan pilihan anda, terlebih dahulu anda harus tentukan prioritas kebutuhan anda. Pasalnya, masing-masing jenis mesin kendaraan memiliki kelebihan dan kelemahan.

Kalau anda ingin mendapatkan kenyamanan, gaya, serta akselerasi yang cepat pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin. Kompensasinya, biaya operasional beli bensin lazimnya lebih besar dari mesin diesel yang biasanya digunakan untuk bisnis pada umumnya.

Kelebihan Mesin Diesel: Untuk jarak tempuh yang jauh hanya butuh sedikit bahan bakar. 

Secara umum diketahui, bahwa mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Selain itu, bahan bakar solar juga mudah diperoleh di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dalam kota ataupun luar kota. Juga sifatnya tidak mudah terbakar. 

Jika Anda berjalan dibawah siraman hujan deras atau banjir tidak anda jangan takut, pasalnya, ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi.

Meski dikenal bandel, bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin. 

Sedangkan kelemahannya antara lain adalah suara mesinnya lebih berisik jika dibandingkan dengan mesin bensin. Selain itu, respon akselerasi mesinnya lebih lambat daripada mesin bensin. Tingkat pencemaran udaranya juga terkenal lebih tinggi dengan asap hitam yang dikeluarkannya.

Untuk mesin bensin memiliki kelebihan akselerasi mesin yang jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain lebih cepat. Suara yang dihasilkan juga terdengar lebih halus. Selain itu, tingkat polusinyajuga lebih rendah. 

Sedangkan kelemahannya antara lain adalah sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, sehingga sangat berbahaya jika ada kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburator.

Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir karena banyaknya komponen kelistrikan seperti platina, distributor, busi atau pada kendaran tipe Engine Control Unit (ECU) juga rentan terhadap siraman air. Semoga artikel ini bermanfaat, Tunggu Artikel berikutnya dari kami.

Tidak ada komentar: