Selasa, 12 Februari 2013

Mobil Anda Sering Menerjang Genangan Air? Awas Kaki-Kaki!

Mobilkurental - Hujan deras pastinya akan menyebabkan banyak ruas jalan yang akan dihenangi air dan mobil yang menerjangnya, apalagi sering. Segeralah periksa bagian kaki-kaki karena mudah sekali rusak. Bukan hanya itu, kolong mobil pun terancam keropos. 

Adaoun bagian yang rentan terkena efek genangan air adalah karet-karet sambungan kaki-kaki seperti pada ball joint dan tie road end.

”Kalau dibiarkan karet-karet itu bisa pecah gara-gara tergerus pasir-pasir yang ikut menggenang bersama air. Karet pecah, pasti di dalam kabin terdengar bunyi-bunyian aneh,” demikian menurut salah satu mekanik Auto2000 Kelapa Gading.

Kita memang tak bisa menghindari musim penghujan, oleh karena itu mari perhatikan tips seputaran kolong mobil selengkapnya berikut ini:

1. Jangan biarkan pasir  menempel di kolong hingga berhari-hari. Maksimal 24 jam harus sudah dibersihkan, soalnya kandungan logam  disinyalir yang sering menimbulkan karat. 
2. Biasanya, ada bagian yang kena oli dan menempel pada komponen kaki-kaki. Sebisa mungkin dihilangkan. Jika susah, cari jasa cuci steam yang menyediakan penyemprot air panas untuk lebih mudah menghilangkan oli. Jika dibiarkan terlalu lama, pasir akan lebih banyak menempel.

3. Jika ditemukan sedikit saja sobek pada karet-karet penyambung di ball joint atau tie rod end, segera ganti. Karena dikhawatirkan pelumas yang ada di dalam karet terganti dengan air dan pasir yang justru membuat komponen suspensi rusak parah.

4. Karet as roda dan karet steering pack pada mobil berpenggarak roda depan juga sama, perhatikan kondisinya. Jika ada yang sobek, segera ganti agar air dan pasir tidak masuk dan melukai komponen. (*)

Tidak ada komentar: